Postingan

Menerapkan Psikologi Positif dalam Mendidik ABK

Gambar
SAHABAT KELUARGA - Pada pagi itu, Kiki, tetangga saya yang berumur 15 tahun sedang bersiap di depan rumahnya untuk menemani ibunya ke pasar. Sudah dua tahun Kiki tidak melanjutkan sekolah karena menyandang autisme. Di rumah ia hanya membantu Ibunya, dan belajar apapaun yang diajarkan Ibunya. Ibunya sering merasa cemas terhadap masa depan Kiki. Ibunya takut jika putranya tidak dapat memiliki kemampuan yang memadai untuk terjun ke masyarakat  karena suka mengamuk saat keinginannya tidak dituruti. Begitulah, memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) memang cukup menantang bagi orangtua. Banyak lika-liku yang harus dilewati agar anak tetap bisa tumbuh optimal seperti anak pada umumnya. Seringkali, rasa stres, khawatir dan lelah menghampiri pada waktu tertentu. Tetapi penting bagi orangtua untuk tidak membiarkan perasaan negatif tersebut mengontrol perilakunya sehari-hari, apalagi kalau anak sudah terkena dampaknya. Salah satu pendekatan yang berguna untuk diterapkan dalam mendidik dan m...

Download Media Pembelajaran PAIBP QS. Al-Fil

Gambar
Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti “Mari Belajar Q.S. Al-Fil”. Media pembelajaran ini dibuat sebagai media bantu dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di tingkat Sekolah Dasar. Media ini dibuat berbasis MS. Power Point yang terdiri dari 14 belas slide dan terbagi menjadi lima kelompok slide yaitu 1. Kompetensi Dasar, 2. Materi, 3. Evaluasi, 4. Hikmah, 5. Slide penyusun. Sumber media pembelajaran ini diambil Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas IV Kurikulum 2013 Materi Mari Belajar Q.S. Al-Fil Kelas IV SD. Unduh Media Pembelajaran PAIBP Kelas IV Seklolah Dasar di Link Berikut>>>>> Unduh Disini

DOWNLOAD RPP PAIBP KELAS I SD/MI

Gambar
DOWNLOAD RPP PAIBP KELAS I SD/MI Download RPP PAIBP Kelas I SD/MI dapat di Unduh di Link Berikut:  DOWNLOAD RPP PAIBP KELAS I SD/MI Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan RPP, penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian pembelajaran, dan skenario pembelajaran dengan memperhatikan komponen, prinsip dan langkah-langkah penyusunan RPP berikut. A. Komponen RPP Dalam Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran dinyatakan bahwa RPP merupakan rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada silabus, buku teks pelajaran, dan buku panduan guru. Adapun komponen RPP sesuai dengan Permendikbud tersebut paling sedikit memuat: (1) identitas sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (2) alokasi waktu; (3) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (4) materi pembelajaran; (5) kegiatan pembelajaran (*); (6) penilaian; dan (7) media/alat, bahan, dan sumber belajar. Selanjutnya, dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, bahwa komponen ...

Sang Supermom Ibu 12 Anak 10 Jadi Dokter

Gambar
Sang Supermom Ibu 12 Anak 10 Jadi Dokter Tak mudah menjadi single parent. Apalagi membesarkan dua belas anak. Namun bagi Nafsah Ahmad Zen Shahab, tantangan tersebut sudah lunas dipenuhinya. Kedua belas anak-anaknya sukses. Sepuluh orang di antaranya menjadi dokter. Baca Selengkapnya di Majalah Sang Supermom Ibu 12 Anak 10 Jadi Dokter yang dapat di unduh di link berikut  Unduh Disini Sumber: Sahabat Keluarga Link: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=majalah/index

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

Gambar
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan kriteria batas nilai paling rendah yang diberikan kepada peserta didik mencapai ketuntasan KKM biasanya sudah ditetapkan pada awal tahun ajaran baru dan biasanya beberapa satuan pendidikan memiliki karakter yang sama. Untuk menentukan KKM tersebut harus mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik itu sendiri serta kemampuan sumber daya pendukung seperti misalnya sarana prasarana dan lain sebagainya. Biasanya setiap mata pelajaran memiliki nilai KKM yang berbeda-beda tergantung dari tingkat kesulitan, saran dan lain sebagainya. Berikut beberapa langkah untuk menentukan KKM : Hitunglah jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran setiap kelas Tentukan kekuatan / nilai untuk setiap aspek / komponen sesuai dengan kemampuan masing-masing aspek. Aspek kompleksitas. Semakin komplek (sukar) KD maka nilainya semakin rendah, dan semakin mudah KD maka nilainya semakin tinggi. Aspek sumber daya pendukung (sarana). Semakin tinggi sumb...

Tuan Guru Kasyful Anwar Al Banjari

Gambar
Sejarah Singkat Tuan Guru Muhammad Kasyful Anwar Al Banjari dilahirkan di Kampung Melayu pada malam selasa tanggal 4 Rajab 1304 H jam 22.00 malam,dari pasangan H.Ismail bin H. Muhammad Arsyad bin Muhammad Sholeh bin Badruddin bin Kamaluddin dan Hj.Siti binti H.Abdurrahim bin Abu Su’ud bin Badruddin bin Kamaluddin pasangan yang serasi lagi bertaqwa,sejak kecil beliau sudah medapatkan pendidikan di lingkungan keluarga, seperti belajar Al-Qur’an karena pendidikan seperti ini lazim dikalangan masyarakat Banjar pada masa itu, diantara guru gurunya yang juga keluarganya adalah : KH.Ismail bin H.Ibrahim bin Muhammad Sholeh bin Khalifah Zainuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Syekh Abdullah Khotib bin H.Muhammad Sholeh bin Khalifah Hasanuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Setelah melihat kecerdasannya, kakeknya yaitu H. Muhammad Arsyad dan neneknya Hj. Siti Aisyah mengirimnya ke kota suci sumber ilmu Makkatul Mukarramah untuk meneruskan pelajarannya. Pada tahun 1313 H berangkatla...

MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI

Gambar
SYAIKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI (DATU KALAMPAYAN) Makam datu kalampayan di Kalampayan, Astambul, Banja, Kalimantan Selatan (sekitar 56 km dari Kota Madya Banjarmasin). Datu kalampayan atau syekh Muhammad Arsyad AlBanjari adalah seorang ulama yang sangat berpengaruh dan mempunyai peran penting dalam sejarah pengembangan syiar agama Islam, khususnya di bumi Kalimantan. Seorang yang sangat gigih mempertahankan dan mengembangkan faham Ahlus Sunah Wal jama'ah dengan faham Asy'ariah untuk Ilmu Tauhid,dan Mazhab Imam syafi'i untuk bidang Ilmu fiqih.Beliau juga seorang mufti (penasehat agama) pada Kesultanan Banjar,dan juga seorang penulis yang produktif. Syeikh Muhammad Arsyad al-Banjari dilahirkan pada hari Kamis, 25 Syafar 1122H bertepatan dengan tanggal 19 Maret 1710M. Ayahnya bernama Abdullah bin Abu Bakar bin Abdurrasyid (Abdul Harits) bin Abdullah. Ibunya bernama Aminah. Keluarga tersebut tinggal di Kampung Lok Gabang, sekarang termasuk wilayah Kecamatan Astambul, Kabupate...